h1

5 juta Toyota terjual di Australia

April 13, 2010

Toyota Camry hybrid juga diproduksi di Australia.

Toyota Australia berhasil menjual mobil ke 5 juta sejak Toyota memasarkan kendaraannya di negara itu tahun 1960. Tonggak sejarah itu tercipta bulan lalu, meskipun sulit untuk menentukan tanggal pastinya, juga jenis mobil dan pembelinya.

Catatan Toyota, sejak awal operasinya di negari Kaum Aborigin ini, Toyota menjual 2.9 juta unit mobil penumpang dan 2.1 juta unit kendaraan komersial.

Maret 2010 juga menjadi bulan ke-60 berturut-turut Toyota menjadi merek paling banyak dibeli di Australia.

Sejarah mencatat, tahun pertama Toyota hanya menjual 1,275 unit. Namun dalam enam tahun terakhir, penjualan Toyota di Australia selalu lebih dari 200,000 unit. Saat ini, jadi satu-satunya merk yang bisa mencapai angka penjualan seperti itu di Australia.

Angka penjualan 100,000 unit pertahun pertamakali tercapai 1983, bersamaa dengan terpilihnya Bob Hawke sebagai Perdana Menteri untuk masa jabatan pertama. Tahun itu pula Toyota mencatat penjualan kumulatif satu juta unit, yang dicapai setelah lebih dari 20 tahun.

Dalam rentang waktu itu, Toyota memahat reputasi sebagai merek yang berkualitas tinggi, daya tahan dan bisa dihandalkan. Toyota juga diakui sebagai merek yang fokus pada konsumen dengan mengambangkan jaringan dealer dan services ke seluruh negeri bahkan di kawasan yang terpencil.

Jika tonggak satu juta unit tercapai dalam waktu lebih dari 20 tahun, angka dua juta unit dicapai dalam sembilan tahun, delapan tahun untuk tiga juta unit, kurang dari enam tahun untuk empat juta unit dan kurang dari lima tahun untuk lima juta unit.

Model paling populer selama 47 tahun adalah Corolla. Total penjualannya mencapai 1.1 juta unit. Australia adalah pasar eksport pertama Corolla, sekaligus negara pertama di luar Jepang yang memproduksi sedan ini, meskipun ini sering didebat oleh Toyota Motor Sales di Amerika Serikat.

Di urutan kedua model Toyota paling populer adalah Camry, terjual 740 ribu unit. Dan angka yang jauh lebih besar di ekspor ke 20 negara tujuan.

Selapis tipis dibawahnya adalah Toyota Land Cruiser yang penjualannya hampir 740,000 unit, termasuk Land Cruiser Prado yang jumlah 155,000 unit. Di urutan empat adalah HiLux pickup yang mencapai 650,000 unit yang terbagi sama besar antara 4×2 dan 4×4.

Sumber : Toyota Indonesia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: